Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka Shalat Id di Atas Kapal

Kompas.com - 19/08/2012, 07:36 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

MERAK, KOMPAS.com Kru Kapal Motor Penumpang (KMP) Prima Nusantara bersama penumpang kapal menggelar shalat Id di atas kapal yang sedang berlayar, Minggu (19/8/2012).

Shalat Id dilakukan bersamaan dengan mulai berlayarnya kapal tersebut dari Pelabuhan Merak, Banten, ke Bakauheni, Lampung.

Pantauan Kompas, shalat Id dilakukan di antara kursi-kursi penumpang di ruangan kelas 2 KMP Prima Nusantara. Puluhan kru dan penumpang mengikuti shalat Id yang imamnya khusus didatangkan dari salah satu masjid di Merak.  

Menurut nakhoda KMP Prima Nusantara, Ngadiri, digelarnya shalat Id di atas kapal menjadi agenda rutin setiap Lebaran. Hal ini dilakukan karena kru KMP Prima Nusantara bersama kapal-kapal feri lainnya yang melayani jalur penyeberangan Merak, Banten, ke Bakauheni, Lampung, harus tetap beroperasi.

"Di satu sisi kita harus tetap beroperasi melayani publik, tetapi di sisi lain ibadah tidak boleh ditinggalkan. Makanya, shalat Id tetap dilakukan saat kapal feri masih beroperasi," katanya.

Semalam takbiran pun dilakukan di atas kapal. Gema takbir dikumandangkan dari mushala yang sempit. Beduk pun dibunyikan, tetapi uniknya, beduk terbuat dari bekas kaleng oli. Selain kru KMP Prima Nusantara, sejumlah penumpang mengikuti takbiran itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com