Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilal akan Terlihat di Atas Enam Derajat

Kompas.com - 18/08/2012, 14:28 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Untuk menentukan 1 Syawal 1433 H sekaligus menandakan pelaksanaan Idul Fitri tahun ini, Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, akan melakukan rukyatul hilal pada Sabtu (18/8/2012) sore nanti. Rukyatul hilal bertempat di belakang pabrik Garam Gerindo, Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

BHR melibatkan berbagai unsur untuk memantau hilal 1 Syawal 1433 H, seperti Kantor Kementerian Agama Pamekasan, beberapa perguruan tinggi, organisasi kemasyarakat dan aparat kemanan.

Ketua BHR Pamekasan Muhammad Makbul mengatakan, Pamekasan menjadi salah satu daerah yang ditunjuk Kemenag RI untuk melakukan rukyatul hilal. Hal itu juga dilakukan saat penentuan 1 Ramadan kemarin.

"Karena pemerintah berpedoman kepada rukyatul hilal, maka kita ikuti ketentuan itu dengan menggelar kegiatan di masing-masing daerah," terangnya.

Ditambahkan Makbul, berdasarkan perhitungan pada saat rukyatul hilal 1 Ramadan kemarin, kemungkinan terlihatnya bulan sangat besar.

"Kita hitung kemungkinan terlihatnya bulan pada 1 Syawal ini di atas 6 derajat," ungkapnya.

Dijelaskan Makbul, hasil rukyah tersebut nantinya akan dilaporkan kepada Menteri Agama agar menjadi refrensi penetapan 1 Syawal, yang akan ditetapkan pada sidang Isbat.

"Kita wajib melaporkan hasil kegiatan karena pada sidang Isbat membutuhkan referensi dari beberapa daerah yang juga melakukan rukyah yang sama," ucapnya.

Seiring kemungkinan terlihatnya kondisi bulan di atas enam derajat, maka pelaksanaan hari raya Idul Fitri tahun ini antara Muhamammadiyah dengan pemerintah akan bersamaan.

"Insya Allah Idul Fitri tahun ini semarak, karena akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com