Selasa, 2 September 2014

News / Nasional

Cuaca di Jalur Pantura Cerah

Sabtu, 18 Agustus 2012 | 12:10 WIB

Terkait

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Tetapi peluang hujan tersebut diperkirakan tidak terjadi untuk Pulau Jawa.

Menurut data yang dirilis BMKG di Posko Lebaran 2012-Kementerian Perhubungan pada Sabtu (18/8/2012) siang, pada kondisi cuaca jalur darat, hujan ringan diperkirakan terjadi di sebagian besar Kalimantan. Bahkan Kalimantan Barat bagian barat berpeluang hujan sedang. Sebagian Aceh Utara, sebagian Sumatera Utara, Batam, dan sebagian Sumatera Selatan bagian barat berpeluang hujan ringan.

Hal yang sama juga bisa terjadi di sebagian besar Sulawesi, Gorontalo, sebagian besar Maluku Utara, dan Papua bagian tengah, dan Merauke. Sedangkan peluang hujan sedang lainnya bisa terjadi di Sulawesi Tengah bagian timur. Untuk Pulau Jawa, BMKG tidak melaporkan adanya peluang hujan dengan intensitas ringan ataupun sedang.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan adanya peringatan dini cuaca yakni adanya kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir di daerah Aceh bagian barat, tengah, dan selatan.

BMKG juga mengingatkan masyarakat di Kepulauan Kai dan Tanimbar akan peluang terjadinya angin kencang lebih dari 30 kilometer per jam.


Penulis: Ester Meryana
Editor : Kistyarini