Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merah Putih Berkibar di Antara Hiu

Kompas.com - 17/08/2012, 17:57 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara merayakan HUT ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada Jumat (17/8/2012) hari ini. Sea World Indonesia, misalnya, merayakan kemerdekaan RI dengan cara berbeda. Di wahana akuarium bawah laut tersebut, bendera Merah Putih dikibarkan di antara belasan ikan hiu dalam Shark Aquarium (Akuarium Hiu).

"Upacara" pengibaran bendera negara ini disaksikan oleh banyak pengunjung, mulai dari anak-anak sampai pengunjung dewasa. Pengibaran bendera dilakukan oleh tiga orang, yakni Nuris (35) sebagai aquaris dan penyelam, Samto (30), dan Iman Prasetyo Moelyadi, alumni Peserta Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 17 Lemhanas RI.

Pengibaran bendera dalam air ini dilakukan mulai sekitar pukul 14.00 WIB selama kurang lebih 10-15 menit. Selain petugas pengibar bendera dan pengunjung yang menyaksikan, sebanyak 19 hiu juga turut mengikuti "upacara" dalam akuarium berkedalaman 6 meter tersebut. Ada beberapa jenis hiu dalam akuarium tersebut. Tampak dua ekor hiu buto (giant nurse shark) sepanjang 3 meter yang terkenal ganas dan biasa aktif di malam hari, 1 hiu sirip putih (white tip), 14 hiu sirip hitam (black tip), dan 2 ekor hiu kembang (leopard).

Direktur Operasional Sea World Sonny Widjanarko (67) mengatakan, pengibaran bendera di akuarium ini membawa pesan bahwa sudah saatnya Indonesia mulai menggali kekayaan atau potensi laut yang dimilikinya. "Kami berharap di setiap provinsi di Indonesia bisa ditemukan semacam Sea World yang lainnya," kata Sonny di Sea World Indonesia, kawasan Ancol, Jakarta Utara, Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com