Rabu, 22 Oktober 2014

News / Nasional

Megawati: Mengapa Tak Upacara di Istana Dipermasalahkan?

Jumat, 17 Agustus 2012 | 14:06 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri tak hadir dalam upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67 di Istana Negara, Jakarta, Jumat ( 17/8/2012 ). Bukan kali ini saja. Hal serupa juga terjadi sejak perayaan HUT RI tahun 2005 atau di awal pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Apa alasan Megawati tak pernah hadir? Ketika ditanyakan, Megawati mengaku kerap ditanya mengenai hal itu. Megawati malah bertanya mengapa ketidakhadiranya itu dipermasalahkan.

"Mengapa diproblemkan?," kata Megawati di Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta, seusai mengikuti upacara, Jumat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT RI kali ini Megawati memilih mengikuti upacara bersama para petinggi PDIP, politisi PDIP, serta pengurus DPP dan DPD DKI Jakarta di Kantor DPP.

Megawati mengatakan, dirinya berhak mengikuti upacara dimana saja. Menurut salah satu putri Soekarno itu, acara seremonial tidak terlalu penting dalam memperingati kemerdekaan. Yang terpenting, kata dia, mengerti makna kemerdekaan itu.

"Kalau saya disini (Kantor DPP) nggak masalah. Kapan-kapan kalau saya mau ke Istana, yah nggak masalah. Seperti kita ini jadi birokrat tertungkung sermonial. Yang penting kita menaikkan bendera," ujar Ketua Umum PDIP itu.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : A. Wisnubrata