Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Jangan Boros

Kompas.com - 17/08/2012, 08:00 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Setiap kali memperingati HUT Kemerdekaan RI, selalu muncul pertanyaan sudahkah bangsa ini merdeka. Bila masih ada rakyat belum merasa merdeka, sebaiknya peringatan HUT RI di Istana Merdeka jangan boros.

Anggaran HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka sebesar lebih kurang Rp 7 miliar menjadi sorotan pada malam renungan warga Perumahan Kinijaya, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/8/2012). Peringatan HUT Ke-67 Kemerdekaan RI yang diikuti puluhan warga, mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, hingga anak-anak, berlangsung khidmat di Balai Warga RT 04, dipimpin Ketua RT 04 Heru Wimbo.

Dosen Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Sukarno Budi mengemukakan, disamping biaya tinggi, juga rendahnya penghargaan terhadap prestasi anak bangsa. Ini semua muara maraknya korupsi, tindakan yang tiada lain bentuk penyelewengan atas tujuan mulia para pendiri bangsa Indonesia.

Meski Indonesia masih terpuruk, bangsa ini harus tetap optimistis bahwa Indonesia kelak tidak hanya merasakan kemerdekaan sesungguhnya, tetapi juga kesejahteraan rakyat akan terwujud.

"Makna kemerdekaan bagi masyarakat sederhana, yakni terselenggaranya pendidikan yang menjaga nurani anak bangsa supaya tidak tawuran, berbuat anarkis, serta menghormati guru dan orangtua," kata Mulyono, tokoh masyarakat di Perumahan Kinijaya, Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com