Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 60.000 Kendaraan Lintasi Nagreg

Kompas.com - 16/08/2012, 13:56 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 60.000 kendaraan sudah melintasi Jalur Nagreg pada H-3 Lebaran, Kamis (16/8/2012) ini. Puncak arus mudik lebaran diperkirakan bakal berlangsung hari ini.

Berdasarkan penghitungan yang dilakukan di Pos Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung pukul 13.30, sudah ada 49.104 kendaraan yang melintas dari arah barat ke timur dan 13.497 kendaraan dari arah sebaliknya. Totalnya, ada 62.601 kendaraan yang datang dari dua arah.

Bila dibandingkan dengan satu jam sebelumnya, jumlahnya mencapai 59.340 kendaraan dengan rincian 47.110 dari barat ke timur dan 12.230 dari arah sebaliknya. Jumlah ini lebih rendah tujuh persen dari hari yang sama pada tahun lalu.

"Sepeda motor masih mendominasi kendaraan pemudik," ujar Eric Alam Prabowo, Koordinator Penghitungan Arus Pos Dishub Kabupaten Bandung, Kamis.

Dia menuturkan, lonjakan kendaraan sempat terjadi pada pagi hari hingga petugas kepolisian membuatnya jadi satu arah untuk memperlancar iring-iringan kendaraan. Langkah tersebut sudah dilakukan setidaknya tiga kali.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, kemacetan kemungkinan bakal terjadi pada sore hari di daerah Rancaekek karena PT Kahatex, pabrik yang terbesar di kawasan itu, membagikan tunjangan hari raya (THR). Diduga hal tersebut bakal memancing kehadiran pasar kaget yang memakan badan jalan di Jalan Raya Rancaekek sehingga membuat macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com