Ini Kronologi Rapat 9 Oktober Versi SBY - Kompas.com

Ini Kronologi Rapat 9 Oktober Versi SBY

Hindra Liauw
Kompas.com - 15/08/2012, 22:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya membeberkan kronologi dan agenda pertemuan pada 9 Oktober 2008 di Istana Negara, Jakarta. Pembeberan ini disampaikan untuk membantah tudingan mantan Ketua KPK Antasari Azhar bahwa dirinya memimpin rapat yang membahas penyertaan modal sementara untuk Bank Century.

Pertama-tama, Presiden menyampaikan perkembangan situasi perekonomian dunia serta dampak dan implikasinya bagi perekonomian Indonesia. Saat itu, perekonomian dunia turut terkena imbas krisis ekonomi di Amerika Serikat.

Pertemuan itu, di antaranya, turut dihadiri Kepala Polri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Menko Polhukam Widodo AS, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ad interim Sri Mulyani, Menteri BUMN Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi, Ketua BPK Anwar Nasution, Ketua BPKP Didi Widayadi.

"Setelah itu, satu demi satu, kecuali menteri, menyampaikan pandangannya. Mulai Ketua BPK Anwar Nasution, lalu saya respon, Ketua KPK Antasari Azhar, lalu saya respon, Jaksa Agung Hendarman Supandji, lalu saya resppon, Kapolri Bambang Hendarso, lalu saya respon, dan terakhir Ketua BPKP Didi Widayadi, lalu saya respon," kata Presiden pada jumpa pers khusus di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Presiden mengatakan, para menteri yang mendampinginya tidak turut memberikan komentar terkait pandangan para penegak hukum dan auditor tersebut. Pada kesempatan itu, Kepala Negara mengatakan, dokumentasi pertemuan tersebut lengkap, mulai dari rekaman kaset, tayangan video, foto-foto dokumentrasi, dan catatan dari masing-masing menteri yang hadir.

Demi membuktikan hal tersebut, pihak Istana Kepresidenan mencetak buku yang berisi transkripan rapat tersebut. Buku tersebut diberi judul Bersatu Menghadapi Krisis, dan berjumlah 40 halaman.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisHindra Liauw
    EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo
    Komentar

    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM