Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Anis Matta Yakin Kader PKS Pilih Foke

Kompas.com - 13/08/2012, 21:31 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meyakini bahwa keputusan mendukung pasangan Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) di putaran kedua Pilkada 2012 sudah tepat. Semua kader PKS di Jakarta diyakini akan memilih Foke pada pemungutan suara pada September nanti.

"Insya Allah, yakin," kata Sekretaris Jenderal PKS Anis Matta di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/8/2012) malam, ketika ditanya apakah DPP PKS yakin kader PKS akan menerima Foke.

Anis mengatakan, sebelum mengambil keputusan, DPP PKS memberi waktu sekitar tiga minggu kepada pengurus di wilayah Jakarta untuk mendiskusikan pilihan. Sebagian besar pengurus, kata Anis, menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada DPP.

"Kalau mereka dibiarkan membuat pilihan pribadi, mereka punya pilihan sendiri-sendiri. Pasti suara PKS pecah kalau begitu. Tapi semua pilihan pribadi ini tergantung dengan pilihan institusi. Jadi begitu institusi menetapkan pilihan resmi, mereka akan mengikuti," ujar Anis.

Pernyataan Anis itu berbeda dengan pernyataannya sebelum partai memutuskan dukungan. Ketika itu, Anis menyebut kader setia PKS belum tentu akan mengikuti keputusan partai nantinya lantaran karakteristik kader setia PKS dinilai relatif sama dengan warga Jakarta pada umumnya.

Anis menilai pemilih di Jakarta sangat rasional. Politik uang tidak akan mampu menggiring warga untuk memilih calon tertentu. Selain itu, tambah dia, pemilih Ibu Kota cenderung independen. Kelompok massa tidak bisa mengatur pilihan anggotanya.

"Saya kira itu juga berlaku buat kader PKS. Karena itu, pilihan masyarakat nanti akan sangat tergantung pada penampilan kedua tokoh ini dalam bulan ke depan," kata Anis pada Kamis (20/7/2012).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com