Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menata Rumah Ramah Lansia

Kompas.com - 09/08/2012, 15:49 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda tinggal bersama orang tua Anda yang telah berusia lanjut? Jika ya, apakah Anda sudah yakin rumah Anda aman bagi mereka?

Rumah, walaupun masih dalam kondisi sehat, memiliki beberapa kendala fisik yang mungkin mulai terlihat dan bisa dirasakan penghuninya. Kendala ini dapat berbentuk berkurangnya kemampuan penglihatan atau kesulitan berjalan.

Untuk itu, mulai saat ini Anda harus memastikan, bahwa rumah Anda aman bagi mereka. Berikut ini beberapa kiat yang dapat dipertimbangkan untuk memberikan kemudahan bagi lansia di rumah Anda:

Barang-barang elektronik

Pastikan barang-barang elektronik di rumah Anda terjamin keamanannya. Barang-barang tersebut tidak mudah panas dan tidak memiliki kabel yang terkelupas.

Jika memungkinkan, Anda juga disarankan untuk menyediakan sistem interkom atau alarm. Dengan menggunakan sistem interkom, orangtua Anda akan lebih mudah menghubungi Anda, jika sewaktu-waktu mereka memerlukan sesuatu.

Anti-slip

Ada beberapa barang tergolong berbahaya bagi kaum lansia. Karpet misalnya, dapat menyebabkan lansia mudah tersandung atau terpeleset.

Untuk itu, jika Anda bersikukuh menggunakan karpet, pastikan karpet yang Anda gunakan tidak mudah bergerak. Selain itu, Anda sebaiknya memasang anti-slip di kamar mandi Anda.

Banyak kasus kecelakaan orang tua di kamar mandi lantaran terpeleset di lantai basah. Jika Anda menggunakan bathtub, carilah alas bathtub yang aman.

Handle

Usahakan rumah Anda memiliki handle di beberapa tempat tertentu yang dapat dengan mudah digunakan oleh para lansia. Handle akan memudahkan mereka untuk berdiri dan berjalan. Pastikan handle atau pegangan tersedia di beberapa tempat berpotensi bahaya, seperti kamar mandi dan area tangga.

Pencahayaan

Ada beberapa cara pencahayaan yang juga dapat digunakan untuk membantu lansia di rumah Anda. Menggunakan sinar matahari langsung sebagai pencahayaan utama di siang hari, misalnya. Cahaya matahari dapat memberikan penyinaran yang hangat dan menyenangkan.

Sayangnya, sinar matahari dapat tertutup oleh awan. Untuk itu, Anda masih memerlukan lampu artifisial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com