Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Komuter AC Disediakan untuk Mudik Gratis

Kompas.com - 07/08/2012, 14:15 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Dua rangkaian Kereta Api (KA) ber-AC disediakan Pemprov Jatim untuk mengangkut pemudik secara gratis. Dua rangkaian KA yang menyeret masing-masing 5 gerbong berkapasitas lebih dari 600 penumpang itu akan melalui dua jalur lintas selatan dari Surabaya-Madiun, dan Surabaya-Blitar.

Dua rangkaian KA itu kata Kepala Bidang KA dan ASDP, Dishub dan LLAJ Jatim, Isa Anshori adalah sumbangan dari Kementerian Perhubungan khusus untuk mendukung angkutan Lebaran tahun ini.

''Mudik gratis ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan di jalan saat angkutan Lebaran,'' katanya, Selasa (7/8/2012). Dua KA tersebut akan diberangkatkan dari Stasiun Gubeng Surabaya pada 13 Agustus atau H-6 lebaran, dan terus akan melayani pemudik hingga 27 Agustus atau H+7 Lebaran.

Untuk jalur Madiun, dari Surabaya akan melalui Mojokerto-Jombang-Kertosono-Madiun, sementara tujuan Blitar melalui Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Kediri-Tulungagung-Blitar. Pendaftaran mudik gratis KA sudah mulai dibuka sejak kemarin hingga Jumat (10/8/2012) di Kantor Dishub dan LLAJ Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya.

''Jika masih ada tempat duduk, pendaftaran kembali dibuka selama masa operasional KA mulai 13-27 Agustus di stasiun keberangkatan masing-masing yaitu di stasiun Gubeng, Stasiun Madiun dan Stasiun Blitar,'' tambahnya.

Untuk rute Madiun-Surabaya, diberangkatkan dari Madiun pukul 04.00 WIB dan dari Stasiun Gubeng pukul 16.30 WIB. Sedangkan rute Surabaya-Kertosono-Blitar diberangkatkan dari Stasiun Gubeng pukul 09.00 WIB dan dari Stasiun Blitar pukul 16.30 WIB. Selain menggunakan KA, Dishub dan LLAJ Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis melalui jalur darat dengan menggunakan ratusan bus, dan jalur laut dengan sejumlah kapal ke pulau-pulau terpencil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com