Sabtu, 2 Agustus 2014

News / Nasional

Taufiq Kiemas: Indonesia Negeri Ajaib

Jumat, 3 Agustus 2012 | 07:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas meyakini bahwa menjelang Pemilu Presiden 2014 akan banyak muncul calon presiden baru di luar tokoh-tokoh lama. Tokoh-tokoh yang bakal muncul itu, menurut dia, di luar perkiraan banyak pihak.

"Saya yakin. Indonesia, kan, negeri ajaib," kata Taufiq di rumah dinasnya di Jakarta, Kamis (2/8/2012) malam, ketika ditanya perkiraannya apakah akan muncul capres baru pada 2014.

Taufiq memberi contoh ketika Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan Megawati Soekarnoputri, yang adalah istri Taufik, muncul lalu menjadi pemimpin negara. Saat itu, kata dia, tidak ada yang menyangka keduanya bakal menjadi pemimpin.

Politisi senior PDI Perjuangan itu menambahkan, seluruh partai politik harus memberi ruang kepada tokoh baru, termasuk tokoh di luar parpol. Dia tak setuju jika ketua umum parpol menjadi satu-satunya tokoh yang akan diusung menjadi capres.

Ketika ditanya kriteria capres seperti apa yang dibutuhkan jika melihat kondisi bangsa, Taufiq menjawab, "Kriterianya siap bertanggung jawab aja. Biar dari politisi, dari akademisi, kalau ngga bertanggung jawab, susah juga."

Berdasarkan hasil jajak pendapat berbagai lembaga survei, tokoh-tokoh lama masih mencuat sebagai capres di 2014. Contohnya Megawati, Prabowo Subianto, dan Jusuf Kalla. Elektabilitas tokoh baru yang disurvei disebut masih di bawah elektabilitas tokoh lama.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Egidius Patnistik