Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Anomali Cuaca di Padang

Kompas.com - 25/07/2012, 15:16 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang mengemukakan, hujan deras pada Selasa (24/7/2012) sehingga menyebabkan musibah banjir terjadi akibat anomali cuaca. Saat ini di Padang dan sekitarnya seharusnya sudah masuk musim kemarau.

"Berdasarkan pantauan pada Selasa pagi, cuaca di Padang cukup cerah dan tidak ada terdeteksi awan hujan. Namun, pada sore hari mendadak gelap di kawasan Bukit Barisan," kata analis cuaca BMKG Padang, Budi Samiaji, di Padang, Rabu.

Tingginya curah hujan yang terjadi pada sore hari kendati pada pagi harinya cerah disebabkan oleh adanya anomali cuaca sehingga dingatkan kepada warga agar tetap waspada.

Akibatnya, kata dia, pemberitahuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agak terlambat karena mendadaknya hujan tersebut.

Sementara perkiraan cuaca hari ini diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan pada sore hari di kawasan Mentawai, Padang Panjang, Padang Pariaman, dan Padang.

Berdasarkan pemantauan melalui citra satelit terlihat sudah ada awan hujan yang diprediksi akan turun pada sore dan malam hari.

Musibah banjir yang terjadi pada Selasa malam melanda lima kecamatan di Padang, yaitu Kecamatan Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung, Pauh, Kuranji, dan Nanggalo. Banjir merendam ratusan rumah.

Hujan deras juga menyebabkan dua sungai yang ada di daerah itu meluap, yakni Sungai Batang Kuranji dan Batang Arau. Ini menyebabkan beberapa daerah yang dilalui sepanjang bantaran sungai tersebut terkena banjir.

Wali Kota Padang Fauzi Bahar memastikan, hingga saat ini, berdasarkan informasi yang diterima, tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com