Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Terbakar di Perancis

Kompas.com - 24/07/2012, 11:52 WIB

Bila kita memasuki gedung lama Museum Nasional, yang biasa disebut Gedung Arca, terlihat beberapa arca batu berwarna agak kehitaman. Warna demikian memang tidak biasanya. Boleh dibilang inilah arca abnormal, meskipun tanda-tanda ikonografis arca tersebut masih tampak jelas.

Dibandingkan arca-arca batu lain, arca abnormal tersebut pernah berwisata ke mancanegara. Ketika itu, tahun 1931 pemerintah Perancis menyelenggarakan Exposition Coloniale Internationale di kota Bois de Vincennes. Dalam Pameran Kolonial itu, Museum van Het Bataviaasch Genootschaap van Kunsten en Wetenschappen, yang sekarang menjadi Museum Nasional, ikut berpartisipasi.

Banyak koleksi diboyong dari museum ini. Koleksi lainnya berasal dari Museum Leiden dan koleksi pribadi dari Batavia. Tujuan utama Pameran Kolonial adalah untuk mengungkapkan dan merayakan kekuatan politik dan kebudayaan Eropa yang mungkin telah menyentuh hingga ke sudut tergelap dan paling terbelakang di bumi ini.

Secara eksplisit kemungkinan besar, tujuan pameran adalah sebagai alat propaganda masing-masing pemerintah. Bahkan ada pihak yang mensinyalir bahwa tujuannya untuk memberikan kesadaran kepada khalayak akan kekuatan bangsa-bangsa penjajah dalam mendominasi penduduk asli. Ketika itu banyak media di Perancis dan Belanda menulis, pameran yang diikuti Hindia Belanda paling hebat sekaligus paling jahat (Gouda, 2007).

Anjungan Hindia Belanda yang antara lain menampilkan arsitektur rumah gadang dan arsitektur pura, dinilai sangat luar biasa. Apalagi adanya unjuk kebolehan oleh para penari Bali. Sayang pameran itu ternoda akibat kebakaran hebat pada 8 Juni 1931. Kebakaran yang berlangsung selama lima jam itu, menghanguskan beberapa anjungan dan isinya. Di antara berbagai koleksi terdapat arca logam, kain, perhiasan, dan artefak kayu. Ikut hancur lukisan Raden Saleh berjudul Kerbau dan Singa. Yang bernasib agak baik adalah sejumlah arca batu.

Penyebab kebakaran masih misterius. Ada yang menduga karena hubungan pendek arus listrik. Segelintir pihak menganggap sebagai sabotase karena sebelumnya musibah juga pernah melanda pemerintah kolonial Belanda di salah satu negara jajahannya.

Menurut kesimpulan kepala polisi, karakter bangunan pameran menyebabkan anjungan itu mudah terbakar. Sementara menurut teknisi, saluran listrik di anjungan Hindia Belanda itu sudah sangat baik.

(Djulianto Susantio, pemerhati sejarah dan budaya)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com