Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Jamin Kebutuhan Daging Terpenuhi

Kompas.com - 23/07/2012, 06:06 WIB

SANGATTA, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Pengusaha Hewan Ternak Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, H Dahlis mengatakan pihaknya menjamin kebutuhan daging sapi selama bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri 1433 Hijriah.

"Masyarakat tidak perlu khawatir. Insya Allah kebutuhan daging akan terpenuhi selama bulan suci Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri," kata Dahlis, di Sangatta, Senin (23/7/2012).

Menurutnya, konsumsi daging selama bulan puasa diprediksi akan meningkat, namun pihaknya menjamin tidak akan kekurangan berapa pun yang dibutuhkan.

"Kami punya tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging didaerah ini," ujarnya.

Menurut Dahlis yang juga pemilik rumah potong hewan di Jalan APT Pranoto Sangatta Utara, untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan daging selama bulan Ramadhan, pihaknya telah meningkatkan pemotongan sapi menjadi sepuluh ekor dari sebelumnya enam ekor.

"Untuk pasar Sangatta saja setiap harinya sepuluh ekor sapi disembelih, dan jika kurang kita tambah menjadi lima belas ekor atau dua puluh ekor setiap hari. Kita siap," ujarnya.

Saat ini, kata dia, stok Sapi di Sangatta cukup banyak, sehingga tidak hanya masyarakat Kota Sangatta yang dijamin, tetapi juga siap menambah pasokannya ke pasar Sangkulirang dan Muara Wahau jika memang dibutuhkan.

Empat pengusaha sapi di Sangatta masing-masing setiap minggu mendatangkan puluhan ekor sapi dari Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

"Setiap minggu kami menyalurkan sapi ke pasar tradisional di wilayah pesisir Sangkulirang sebanyak 14 ekor dan Muara Wahau juga 14 ekor. Terkadang juga bertambah sesuai kebutuhan," katanya.

"Besok malam kapal pengangkut sapi dari Sulawesi Selatan akan masuk lagi membawa puluhnan ekor, kemudian minggu berikutnya dari Nusa Tenggara Timur," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com