Jumat, 25 April 2014

News / Nasional

Din: Besok Muhammadiyah Mulai Puasa

Kamis, 19 Juli 2012 | 12:04 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, Muhammadiyah sudah jauh hari menetapkan bahwa awal Ramadhan jatuh pada hari Jumat (20/7/2012) besok. Kamis malam ini, Muhammadiyah akan mulai shalat tarawih.

Menurut Din, di sela-sela peresmian Masjid Aljihad, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (19/7/2012) ini, berdasarkan pendekatan Muhammadiyah pagi ini pukul 11.00 WIB, telah terjadi ijtima, yakni matahari, bumi, dan bulan berada pada garis lurus atau konjungsi. Konjungsi ini disepakati hampir semua almanak atau kalender astronomi.

Din menyebutkan, Muhammadiyah melihat ini sebagai pertanda bulan Sya'ban segera berakhir. Jadi ijtima atau konjungsi ini pertanda bulan lama akan berakhir dan bulan baru akan datang.

"Insya Allah, nanti sore ketika matahari terbenam, bulan belum terbenam, masih di atas ufuk dan menurut perhitungan sekitar 1.30 derajat. Ini menunjukkan hilal telah datang. Inilah keyakinan Muhammadiyah. Maka, malam ini kita mulai tarawih dan besok puasa," ujar Din.

Kepada semua pihak, Din berharap untuk menghargai keyakinan semacam ini, termasuk kepada umat yang hari ini telah melaksanakan puasa. Pemerintah seyogianya tidak memasuki wilayah keyakinan tersebut.


Penulis: Defri Werdiono
Editor : Agus Mulyadi