Jumat, 25 Juli 2014

News / Nasional

Dino Patti Djalal Luncurkan Buku Ke-8

Rabu, 18 Juli 2012 | 22:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serika Dino Patti  Djalal meluncurkan buku kedelapan berjudul Life Stories, Resep Sukses dan Etos Hidup Diaspora Indonesia di Negeri Orang, di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Rabu (18/7/2012) malam ini.  

Buku ini merupakan kumpulan cerita dari 28 orang Indonesia yang pernah belajar dan sukses di AS.

"Tokoh yang bercerita dalam buku ini adalah mereka yang sukses dan berprestasi di bidangnya masing-masing, mulai dari seniman, pengusaha, ahli teknologi informasi, hingga diplomat. Mereka adalah orang Indonesia yang pernah melanjutkan pendidikan di Amerika maupun orang Indonesia yang sekarang sudah menjadi warga Amerika," ujar Dino kepada wartawan.

Pada acara peluncuran buku tersebut, juga hadir Ketua MPR Taufik Kiemas, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan mantan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda.  

Para tokoh yang bercerita dalam buku tersebut, di antaranya, Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih (alm), Din Samsuddin (Ketua Umum PP Muhammadiyah), Peter Gontha (pengusaha), dan Zulkifli Zaini (Dirut Bank Mandiri).

Menurut Zulkufli Zaini, yang pernah mengambil program pendidikan MBA bidang keuangan di Universitas Washington tahun 1994, cerita dalam buku ini lebih personal dan mengisahkan hal-hal yang dialami dirinya menjelang dan selama mengenyam pendidikan di AS.  

"Di dalam buku itu, saya bercerita tentang keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan di AS. Ketika itu, meskipun tidak mempunyai uang, saya sudah mengumpulkan banyak brosur tentang pendidikan di AS," ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Zulkifli, ia juga berusaha keras untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mempelajari TOEFL. Supaya bisa memenuhi angka TOEFL untuk melanjutkan pendidikan ke AS, Zulkifli kerap memutar kaset bahasa Inggris di dalam kendaraan selama dalam perjalanan pergi-pulang kerja di Jakarta.

"Orangtua saya selalu menekankan bahwa mereka  tidak akan memberi 'ikan', tetapi hanya akan memberi 'kail' kepada saya," ujar Zulkifli.

Dino Patti Djalal menambahkan, orang-orang Indonesia di luar negeri, khususnya di AS, jumlahnya sangat banyak dan tercerai-berai.

Dalam Kongres Diaspora Indonesia di Los Angeles Amerika awal Juli 2012, orang-orang Indonesia tersebut terhubung dan bertemu. 

Kongres berikutnya akan diadakan di Tanah Air, dengan tema "Diaspora Indonesia Pulang Kampung".

Sebelumnya Dino juga telah menyusun sejumlah buku, baik dalam edisi Indonesia maupun bahasa Inggris, di antaranya buku Indonesia Bisa yang disusun dari buku hariannya ketika menjadi Juru Bicara Presiden bidang luar negeri.


Penulis: Tjahja Gunawan Diredja
Editor : Agus Mulyadi