Senin, 21 April 2014

News / Nasional

PDIP Bantu Caleg Berprestasi

Rabu, 18 Juli 2012 | 16:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan membantu calon legislatifnya yang memenuhi kriteria tertentu. Dukungan yang akan diberikan dari segi keputusan politik maupun logistik.

"Yang pasti kita tidak punya kemampuan seperti Partai Nasdem untuk membiayai calegnya. Dukungan di kita sifatnya sangat selektif, tidak secara general," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (18/7/2012), ketika ditanya persiapan menghadapi pemilu legislatif 2014.

Basarah menjelaskan, kaderisasi caleg di tingkat nasional hingga kabupaten/kota tengah berjalan. Jumlahnya mencapai 5.000 orang. Nantinya, kata dia, pihaknya akan melakukan pendekatan baru dalam proses seleksi, yakni dengan tes psikologi.

Tujuan tes psikologi itu, lanjut dia, untuk mengetahui kapasitas individu, loyalitas kepada partai, kemampuan memperjuangankan ide menjadi kebijakan. Alasan lain, untuk mengetahui apakah calon itu berpotensi mementingkan diri sendiri atau menghalalkan segala cara untuk menghindari perilaku koruptif.

"Nantinya mereka akan dialokasikan pada daerah yang berpotensi untuk menang. Tidak harus putra daerah yang ditempatkan di suatu daerah. Kan ada kesempatan satu tahun lebih untuk memperkenalkan diri ke masyarakat," kata anggota Komisi III DPR itu.

Basarah menambahkan, penugasan para calon ke daerah juga sudah berjalan. Dia memberi contoh penugasan untuk pemenangan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam Pilkada DKI Jakarta. Mereka diminta masuk hingga tingkat RW untuk menyosialisasikan pasangan itu.

Adapun terhadap 90-an politisi PDIP di DPR saat ini, menurut Basarah, pihaknya hanya akan memilih yang berprestasi untuk mengusung kembali di pileg 2014. "Anggota DPR yang tidak berprestasi, hanya datang, duduk, diam, duit, akan kita eveluasi," pungkas Basarah.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo