Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Patuh Jaya, Pelanggar Lalin Ditertibkan

Kompas.com - 18/07/2012, 13:27 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 120 personil aparat gabungan dari Satuan Lalulitas (Satlantas) wilayah Jakarta Timur, hari Rabu ini (18/7/2012), menggelar operasi Patuh Jaya di perempatan lampu merah Pasar Rebo, Jakarta Timur. Operasi itu sendiri melibatkan personil Sabhara Polres Jakarta Timur, Dinas Perhubungan (Dishub), dan juga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kepala Bagian Operasi (Kabagop) Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, yang ditemui di lokasi mengatakan, operasi Patuh Jaya digelar dalam rangka memasuki bulan Ramadhan. Targetnya adalah pengendara yang melanggar lalu lintas.

"Sasaran atau target operasi adalah angkutan umum, kendaraan roda dua yang melawan arus dan melanggar rambu serta tata tertib lalulintas. Operasi ini juga untuk sterilisasi jalur busway, dan pelayanan lalu lintas," ujar Budiyono, Rabu, (18/7/2012).

Menurut Budiyono, ada tiga tahapan penegakan yang dilakukan. Pertama tahapan "preemtive" yaitu membangun daya tangkal dengan memberikan penyuluhan masyarakat. Lalu tahapan "preventive", yaitu tahapan dengan pencegahan, seperti patroli dan pengawalan. Yang ketiga tahapan "repressive", seperti penegakan hukum, yang bisa berupa teguran, hingga memberikan tilang kepada pelanggar.

Dari pantauan di lokasi, beberapa angkutan umum seperti bus besar dan angkutan dalam kota terjaring dalam operasi ini. Kebanyakan karena melanggar tata tertib seperti tidak meliliki Surat Ijin Mengemudi (SIM), atau SIM yang tidak sesuai dan sudah mati.

Sedangkan bentuk pelanggaran lain, khususnya bagi pengemudi angkutan umum dalam kota (angkot), kebanyakan kerena tidak mengenakan seragam pengemudi.

Tidak hanya penertiban pengendara lalu lintas, Satpol PP yang tergabung dalam operasi itu juga menertibkan pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar dan pinggir jalan di sekitar lokasi. Operasi Patuh Jaya sendiri, sudah digelar di seluruh wilayah tanah air secara serentak sejak 16 Juli 2012 dan rencananya sampai 29 Juli 2012 atau berlangsung selama 14 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com