Kamis, 18 Desember 2014

News / Nasional

Korupsi Pengadaan Al Quran

KPK Periksa Kabag Sekretariat Komisi VIII DPR

Rabu, 18 Juli 2012 | 11:07 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu (18/7/2012), menjadwalkan pemeriksaan Kepala Bagian Sekretariat Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Yanto Supriyanto. Pemeriksaan Yanto terkait penyidikan kasus dugaan suap penganggaran proyek Al Quran dan proyek laboratorium Madrasah Tsanawiyah Kementerian Agama.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, Yanto akan dimintai keterangan sebagai saksi. "Sebagai saksi untuk ZD (Zulkarnaen Djabar) dan DP (Dendy Prasetya)," katanya melalui pesan singkat, Rabu.

Sebagai Kepala Sekretariat Komisi di DPR dan bermitra dengan Kementerian Agama, Yanto akan dikonfirmasi penyidik KPK soal dokumen-dokumen rapat yang ditemukan KPK dalam penggeledahan di ruang Zulkarnaen, anggota Komisi VIII DPR, beberapa waktu lalu. Zulkarnaen dan putranya, Dendy Prasetya ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima suap terkait penganggaran proyek di Kemenag tersebut.

Selain Yanto, KPK kembali memeriksa pengusaha Fahd El Fouz atau Fahd A Rafiq sebagai saksi dalam kasus ini. Fahd yang berstatus sebagai tersangka kasus dugaan suap Dana Penyesuaian Infrasuktur Daerah (DPID) itu diduga memiliki kaitan dengan kasus pembahasan anggaran Al Quran ini, khususnya dengan Dendy Prasetya. Fahd sudah tiba di gedung KPK, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB. Dia hanya mengatakan diperiksa sebagai saksi untuk Zulkarnaen.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Fahd mengaku hanya kenal Dendy sebagai rekan kerja di satu organisasi Partai Golkar, Gerakan Muda (Gema) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR). "Dia (Dendy), sekjen saya," kata Fahd pekan lalu.

Hari ini KPK juga menjadwalkan pemanggilan saksi lain, yaitu Rizky Moelyoputro, Vasco Ruseimy, dan Hasan Hasyari. Vasco merupakan Ketua DPP Gema MKGR. Dia dicegah bepergian ke luar negeri karena diduga terlibat kasus ini.


Penulis: Icha Rastika
Editor : Laksono Hari W