Kamis, 24 April 2014

News / Regional

Jelang Arus Mudik, Sopir Bus Dites Urine

Selasa, 17 Juli 2012 | 17:24 WIB

Baca juga

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 30 awak bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) berbagai jurusan yang ada di Terminal Terboyo Semarang menjalani tes urine, Selasa (17/7/2012). Hal ini dilakukan sebagai persiapan arus mudik dan arus balik pada lebaran 2012.  

Pelaksanaan tes urine ini serangkaian dengan kegiatan sosialisasi keselamatan penumpang bus yang diselenggarakan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jawa Tengah, Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan PT Jasa Raharja. Selain tes urine, petugas juga melakukan pemeriksaan kelaikan armada dan pengobatan gratis untuk awak bus dan penumpang.

Kepala Unit Perhubungan Wilayah Semarang Dishubkominfo Jateng, Imam Santosa mengatakan selain kelaikan armada, pengemudi bus juga perlu dipersiapkan agar arus mudik dan balik lebaran kali ini berjalan dengan lancar. "Kegiatan hari ini dimaksudkan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, sebab kecelakaan bias terjadi karena faktor pengemudi ataupun armada yang dalam kondisi tidak baik," katanya.

Imam menghimbau kepada awak bus untuk memperhatikan kesehatan mereka demi keselamatan bersama. Menurut Imam, kemampuan mata manusia ada batasnya dan setelah empat jam mengemudi harus beristirahat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk armada yang dinyatakan tidak laik jalan, harus dilakukan perbaikan dan jika pengemudi masih nekat akan ditindak tegas. "Untuk tes urine sendiri baru diketahui dalam beberapa hari ke depan dan akan disampaikan langsung pada yang bersangkutan," kata Imam.

Pelaksanaan pengobatan gratis oleh petugas kesehatan dan Polda Jateng juga disambut baik oleh awak bus, penumpang serta para pedagang di kawasan Terminal Terboyo. Terlihat antrean cukup panjang untuk periksa dan mendapatkan pengobatan gratis.


Penulis: Kontributor Semarang, Puji Utami
Editor : I Made Asdhiana