Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempersiapkan Dana Mudik

Kompas.com - 17/07/2012, 07:11 WIB
Anastasia Joice

Penulis

KOMPAS.com — Liburan hari raya yang panjang, bagi banyak orang merupakan kesempatan untuk pulang kampung alias mudik. Sementara bagi yang tidak merayakan, waktu tersebut sering juga digunakan sebagai waktu untuk berlibur bersama keluarga.

Bagaimana sebaiknya kita mempersiapkan mudik (atau liburan) tersebut, terutama menyangkut masalah dana?

Kegiatan mudik biasanya merupakan kegiatan tahunan. Nah, jika demikian, kita dapat mempersiapkan dana tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama. Besarnya dana dapat berpatokan pada dana tahun sebelumnya ditambah sekian persen kenaikan harga-harga, katakanlah antara 25 persen-30 persen. Untuk yang jarang mudik, tentu saja perkiraan dan perencanaannya harus lebih teliti.

Sementara untuk dana liburan, tergantung dari berapa lama waktu yang kita miliki, ke mana tujuan liburan kita, dan berapa lama kita akan berlibur.

Dana mudik (maupun dana liburan) sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, bila perlu dikumpulkan/dicicil secara teratur supaya tidak memberatkan/ mengganggu keadaan keuangan rutin kita.

Hal-hal apa saja yang harus kita perhatikan terkait dengan masalah perencanaan keuangan untuk dana mudik (atau dana liburan) kita?

Komponen biaya mudik yang paling besar biasanya adalah biaya transportasi, baik biaya bensin, tiket kereta api, maupun tiket pesawat. Bagi yang menggunakan kendaraan sendiri juga harus mempersiapkan biaya makan di jalan dan menginap, jika perjalanan ditempuh lebih dari 1 hari.

Selain itu, biasanya kita menyiapkan hadiah atau oleh-oleh untuk orang tua atau keluarga di kampung halaman. Sementara biaya akomodasi/penginapan di tempat tujuan biasanya tidak ada, karena kita menginap di rumah orang tua atau keluarga. Jika diinginkan, kita juga dapat menganggarkan biaya oleh-oleh untuk dibawa kembali sepulang mudik untuk tetangga atau teman-teman kantor.

Sementara persiapan dana bagi yang ingin berlibur juga mencakup biaya akomodasi (penginapan di jalan dan transportasi) serta makan, kita juga mempersiapkan dana untuk tiket tempat tujuan wisata, membeli oleh-oleh atau suvenir untuk pribadi ataupun keluarga.

Jangan lupa juga mengantisipasi biaya overweight/kelebihan bagasi saat pulang, jika kita bepergian dengan pesawat, akibat barang yang kita bawa/beli terlalu banyak.

Selain itu, pertimbangkan membeli asuransi perjalanan—bagi yang ingin berlibur ke luar neger—untuk memastikan Anda dan keluarga dapat menikmati liburan dengan tenang.

Dalam perjalanan mudik (atau liburan), apakah sebaiknya kita membawa kartu debit atau kartu kredit juga?

Yang pasti kita harus selalu membawa uang tunai, karena tidak di setiap tempat terdapat fasilitas ATM. Sebagian orang atau di beberapa daerah terdapat kebiasaan untuk membagi-bagikan uang kepada anak-anak yang masih kecil/saudara-saudara yang lebih muda. Jangan lupa untuk mempersiapkan hal tersebut sebelum mudik, menukarkan uang kita dengan pecahan yang lebih kecil untuk dibagi-bagikan.

Kartu kredit tetap kita perlukan untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendesak, misalnya saat anggota keluarga kita ternyata harus masuk rumah sakit saat mudik, kartu kredit dapat menutupi biayanya. Namun, pastikan kita dapat mengelola biaya tagihan setelahnya. Akan lebih baik jika segera kita lunasi begitu tagihan tiba.

Memang cukup sulit untuk pergi ke ATM saat mudik (atau liburan) karena belum tentu ATM bank Anda dekat dengan lokasi mudik (atau liburan). Tetapi, jangan salah, fasilitas kartu ATM Commonwealth Bank yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi (cek saldo, tarik tunai, dan transfer antarbank lokal) secara gratis di seluruh jaringan ATM Bersama dan ATM PRIMA/BCA.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com