Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Markas Slank Disulap Jadi Studio Rekaman

Kompas.com - 16/07/2012, 21:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup musik Slank kembali merilis album teranyar mereka. Yang unik, dalam penggarapan album Slank yang berjudul  I Slank U ini,  mereka memanfaatkan markas besarnya di Jalan Potlot III No 14, Duren Tiga, Jakarta Selatan, menjadi lokasi rekaman live untuk album tersebut.

Sepekan lamanya, Kaka (vokal), Bimbim (drum), Ridho (gitar), Ivanka (bas), dan Abdee (gitar) menggunakan halaman parkir, arena bermain anak-anak, taman belakang, pendopo hingga halaman lainnya menjadi studio dadakan. Maka tak heran bila dalam lagu baru mereka akan ditemukan latar belakang suara hujan atau air mancur.

"Kita outdoor tanpa kedap suara. Pas take hujan kita tetap ambil (rekaman). Justru atmosfer itu yang memicu (kreativitas). Kita bosen (suasana) yang rapih, pengin yang busuk," kata Kaka saat ditemui di Potlot, Jakarta, Senin (16/7/2012).

Hasilnya memang beda. Album ini terasa lebih natural. Sebanyak 14 lagu disajikan dalam album ini, yakni 'Tak Tak Tak', 'Ku ingin Kau Tahu, I Love U', Sudah Kah Kita?', 'Revolusi Cinta', 'Boneka Tersayang', 'Sedekah', 'Anti Nuklir', 'Super Moon', 'Uni Religi', 'Good Morning Papua', 'Punya Cinta', 'Cubit2an', 'Kupu Biru', 'Ku Di Negri Orang'.

Bagi Slank bukan perkara sulit melakukan rekaman secara live di markasnya sendiri. Sebab selama 29 tahun berkarier, sudah tiga kali mereka melakukan rekaman semacam ini.

Soal bujet produksi yang digelontorkan, Kaka memberi bocoran bahwa biaya untuk melakukan rekaman semacam ini tergolong lumayan.
"Lebih mahal, setting-nya. Jauh lebih mahal, kalau live harus full. (rekaman) studio kan hari ini bisa gitar doang. Tapi kalau sekarang semua harus turun. Satu pulau biru turun tangan," jelas Kaka memberikan gambaran.

Disinggung soal penjualan kasetnya nanti, Slank akan menyerahkan distribusi album mereka melalui salah satu rumah makan cepat saji.  "CD album ini dibandrol Rp 35.000," jelas Kaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com