Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Onthel" Tiga Generasi Masih Terawat dengan Baik

Kompas.com - 14/07/2012, 10:50 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Go Enge Fat yang akrab disapa Edy Gunawan (58), pengusaha warung kopi Tanru Tedong, warga Jalan Sultan Hasanauddin, Keluhan Ujung Sabbang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, kesehariannya hanya menggunakan sepeda onthel untuk keperluan warung. Seakan tidak terpengaruh dengan kendaraan yang modern, seperti sepeda motor dan mobil, Edy ke mana-mana hanya menggunakan onthel tua kesayangannya.

Namun, siapa sangka kalau onthel tua miliknya adalah onthel yang sudah tiga generasi. Onthel tersebut ternyata adalah warisan ayahnya bernama Go A Kho, yang diwariskan juga oleh kakeknya bernama Go Kuk Ngo. Onthel tua bermerek Rudge buatan Inggris itu dibeli kakeknya tahun 1954.

"Onthel ini sudah tiga generasi: dari kakek, ayah, dan saya sendiri. Bahkan, anak saya juga suka memakainya ke sekolah," kata Edy di Warung Kopi miliknya, Sabtu (14/7/2012).

Onthel yang masih terawat dengan baik milik Edy ini tidak luput dari lirikan sejumlah pencinta sepeda onthel yang menawarkan untuk membeli sepeda warisan kakeknya itu. "Sudah banyak orang yang mau beli sepeda ini, tidak hanya orang Parepare, tetapi juga orang luar Parepare, seperti pecninta onthel dari Makassar, Maros, bahkan ada yang dari Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, dan juga orang luar negeri, seperti China," katanya.

Tawaran yang niat membeli sepeda onthel miliknya dimentahkan karena Edy tidak akan menjual sepeda onthel kesayangannya itu.

"Not for sell," hanya itu kata yang terucap jika ada penawaran.

"Sejumlah penawaran untuk membeli sepeda itu datang. Kadang ada yang menawarkan harga hingga Rp 16 juta, tetapi saya tidak mau menjualnya karena ini adalah warisan kakek saya dan selanjutnya saya akan wariskan kepada anak saya kelak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com