Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Terorisme Ditangkap di Poso

Kompas.com - 13/07/2012, 03:52 WIB

Palu, Kompas - Detasemen Khusus 88 dan Polda Sulawesi Tengah menangkap terduga jaringan terorisme di Poso, Kamis (12/7). Pelaku diduga terlibat dalam kasus penembakan dua anggota polisi di tempat parkir Kantor Cabang Utama BCA, Palu, pada Mei 2011. Kini pelaku diamankan dan diperiksa di Markas Polres Poso.

Namun, keterangan mengenai jumlah orang yang ditangkap itu simpang siur. Informasi yang beredar menyebutkan, petugas membekuk dua orang berinisial N dan A. Adapun Kepala Polda Sulteng Brigadir Jenderal (Pol) Dewa Parsana mengatakan hanya satu orang yang ditangkap.

”Berkat koordinasi tim Densus 88 dengan jajaran Polda Sulteng telah ditangkap satu orang di Poso pada Kamis pagi berinisial N. Yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan di Polres Poso,” kata Parsana.

Parsana mengatakan, tersangka yang ditangkap diduga juga punya kaitan dengan sejumlah pelaku lainnya dalam beberapa kasus terorisme di Sulteng. Kedua terduga termasuk buronan.

Sejumlah informasi menyebutkan, penangkapan N dan A terjadi di depan Pasar Sentral Poso, Kamis pukul 08.30. Keduanya ditangkap tanpa perlawanan. Barang bukti yang disita adalah sepeda motor Yamaha Jupiter bernomor polisi DN 3594.

N, warga Kelurahan Gebangrejo, Kecamatan Poso Kota, diduga anggota Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) Poso. Adapun A berasal dari Desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara. Selama ini N disebut-sebut berdomisili di Desa Watumaeta, Kecamatan Lore Utara, Poso. Pelaku diduga berperan sebagai penyandang dana JAT Poso dan menjadi penghubung antara kelompok JAT Medan, Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Jakarta, dan Nusa Tenggara Barat.

(Ren)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com