Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Terancam Kebuntuan

Kompas.com - 13/07/2012, 03:03 WIB

PHNOM PENH, KAMIS - Para menteri luar negeri negara-negara anggota ASEAN masih terus berjuang mencapai kesepakatan untuk menuntaskan proses penyusunan komunike bersama, khususnya terkait kode etik berperilaku di kawasan Laut China Selatan. Diyakini, ASEAN berada dalam tekanan negara besar menyusul ”perpecahan” yang terjadi.

Penilaian itu disampaikan salah satu pejabat Amerika Serikat yang minta dikutip dalam kondisi anonim, Kamis (12/7). Menurut pejabat AS itu, kebuntuan terjadi lantaran masih ada perbedaan pandangan, terutama antara pihak tuan rumah, Kamboja, dan Filipina.

”Selama ini belum pernah terjadi ASEAN gagal mencapai kata sepakat, bahkan dalam kondisi tersulit sekalipun,” ujarnya.

Kesepakatan tentang isi komunike bersama masih belum tercapai hanya beberapa jam sebelum rangkaian pertemuan rutin tingkat menlu ASEAN tersebut akan berakhir.

”Pihak Filipina berkeras sengketa dan insiden yang terjadi bulan lalu antara mereka dan China di wilayah Beting Scarborough harus dicantumkan (dalam komunike bersama),” kata pejabat AS itu.

Namun, keinginan Filipina itu ditentang Kamboja, Ketua ASEAN tahun ini yang dikenal sebagai sekutu dekat China.

Seorang diplomat lain, yang juga minta dikutip secara anonim, menyebut kuatnya tekanan sebuah ”negara besar” kepada salah satu negara ASEAN dalam persoalan ini.

Diduga kuat, negara besar yang ia maksudkan adalah China, yang menekan Kamboja agar mengikuti kemauan China dalam persoalan ini.

Keterangan itu diperkuat pernyataan Menlu Filipina Albert del Rosario, yang menyebut China telah ”mengintimidasi” dan ”bermuka dua” dalam persoalan itu.

”Jika kedaulatan dan yurisdiksi Filipina dapat direndahkan oleh negara adidaya melalui tekanan, intimidasi, ancaman, dan sikap bermuka dua, masyarakat internasional harus khawatir dengan perilaku-perilaku seperti itu,” ujar Del Rosario dalam pernyataan resmi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com