Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kelurahan Sendiri, Foke Kalah dari Jokowi

Kompas.com - 12/07/2012, 21:48 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur DKI Jakarta (cagub) nomor urut tiga, Joko Widodo (Jokowi), meraup suara terbanyak mengalahkan cagub petahana, Fauzi Bowo (Foke), di Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Padahal, Kelurahan Gondangdia merupakan kelurahan tempat tinggal Foke sendiri.

Menurut Nano Sukatno, Ketua KPPS Kelurahan Gondangdia, Foke tercatat unggul di TPS 01, yang menjadi TPS tempatnya mencoblos. Di urutan kedua, ditempati cagub nomor urut tiga, Jokowi. Foke juga unggul di TPS 05 dan 06, sementara di sembilan TPS lainnya Jokowi meraih suara terbanyak.

"Foke menang di tiga TPS, yaitu di TPS 001, TPS 005, dan TPS 006. Sisanya, suara dimenangi Pak Jokowi," ujar Nano, kepada wartawan di Kelurahan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2012).

Nano menjelaskan, dari jumlah DPT 3.792 suara, sekitar 60 persen atau 2.098 warga yang menggunakan hak pilihnya. Sisanya 1.753 atau sekitar 40 persen tidak menggunakan hak pilihnya.

Secara total Jokowi memperoleh 1.073 suara diikuti Foke dengan 620, sementara cagub dari jalur independen Faisal Basri meraih 157 suara. Jumlah ini mengungguli cagub nomor urut 6, Alex Noerdin 101 suara, dan Hidayat Nur Wahid, 97 suara. Cagub dari jalur independen lainnya Hendardji Soepandji memperoleh 29 suara.

Nano melanjutkan, 12 kotak suara yang telah dihitung beserta dengan berita acara dan rekapitulasi akan diserahkan ke tingkat kecamatan. "Besok dibawa ke kecamatan. Ada empat personel polisi yang turut mendampingi," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com