Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog AS-China di Pertemuan ASEAN

Kompas.com - 12/07/2012, 13:02 WIB

Menlu AS Hillary Clinton dan Menlu China Yang Jiechi dijadwalkan bertemu di forum ASEAN di tengah ketegangan di wilayah itu.

Insiden kembali terjadi pekan ini antara China dan Jepang mengenai serangkaian pulau di Laut China Timur.

Sementara itu China mengambil langkah hati-hati terhadap kode etik ASEAN tentang perselisihan di Laut China Timur.

Clinton sedang melakukan tur ke Asia yang oleh analis disebut sebagai pertanda akan meningkatnya minat Washington di kawasan tersebut. Sebelumnya ia mengatakan bahwa AS sedang "condong mengarah ke Asia."

Clinton tiba di ibukota Kamboja, Phnom Penh, dari Laos, dimana ia membuat sejarah sebagai diplomat tinggi AS pertama yang mengunjungi negara itu dalam enam dekade. Sebelumnya ia bepergian ke Mongolia dan Vietnam.

Dalam pertemuan dengan koleganya dari Cona, Clinton diperkirakan akan berusaha menyeimbangkan minat sekutu-sekutu AS seperti Jepang dan Filipina terhadap hubungan AS-China, kata para analis.

Kantor berita AFP mengutip seorang pejabat departemen luar neger AS yang mengatakan bahwa ia akan mendesak kemajuan kode etik ASEAN dalam perselisihan di Laut China Timur.

Wilayah perselisihan

Menteri luar negeri dari 10 negara anggota ASEAN bertemu di Phnom Penh dengan para mitra wilayah termasuk China, Clinton dan perwakilan Uni Eropa Catherine Ashton.

Pada hari Rabu (11/7/2012), Menlu Jepang dan China mengadakan pembicaraan mengenai pulau-pulau yang menjadi pusat perselisihan di Laut China Timur.

Dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China, pulau-pulau tidak berpenghuni tapi kaya mineral itu dikendalikan oleh Jepang tetapi juga diklaim oleh China dan Taiwan. Pulau-pulau tersebut selama ini menjadi sumber ketegangan.

Jepang memanggil duta besar China untuk memprotes kehadiran kapal-kapal patroli China di wilayah itu pada Rabu pagi.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan Beijing tidak "menerima perwakilan yang dimasukkan oleh Jepang terhadap isu ini," seperti dilaporkan oleh media pemerintah Xinhua.

Sedangkan dalam sengketa Laut China Selatan, ASEAN telah memutuskan untuk mengadopsi sejumlah 'elemen kunci' pada kode etik yang akan mengatur masalah-masalah kelautan di wilayah tersebut.

Pertemuan antara menteri luar negeri negara-negara ASEAN yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja ini merupakan bagian dari rangkaian rencana pertemuan yang nantinya akan melibatkan 16 negara mitra ASEAN termasuk China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com