Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Ceko Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Kompas.com - 09/07/2012, 20:37 WIB
Hindra Liauw

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Ceko Václav Klaus sepakat meningkatkan kerja sama di bidang energi, perdagangan, investasi, dan ekonomi hijau, serta pertahanan. Hal ini disepakati seusai kedua pemimpin negara melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/7/2012).

"Selama ini, hubungan antara Indonesia dan Ceko berlangsung baik. Kerja sama ekonomi antara Indonesia-Ceko telah meningkat secara signifikan," kata Presiden kepada para wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Terkait kerja sama di bidang pertahanan, Presiden Klaus mengatakan, Ceko tengah terus mengembangkan sektor tersebut. Teknologi yang tengah dikembangkan, antara lain, sistem pengintaian atau survailance system, radar, kendaraan tempur, dan lainnya.

Terkait potensi Indonesia, Presiden Klaus menyatakan, Indonesia adalah negara dengan sistem manufaktur yang bagus. Presiden Klaus, yang didampingi para pebisnis, tertarik untuk mengeksplorasi kerja sama di bidang manufaktur. Selain berbicara hubungan bilateral, kedua pemimpin negara tersebut juga mengaku membahas soal situasi perekonomian dunia, lingkungan, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com