Kamis, 23 Oktober 2014

News / Nasional

Bupati Buol

Bupati Buol, Tersangka Korupsi Pertama Pakai Baju Tahanan

Jumat, 6 Juli 2012 | 14:32 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Bupati Buol Amran Batalipu akan menjadi tersangka kasus korupsi pertama di Komisi Pemberantasan Korupsi yang bakal mengenakan baju khusus bertuliskan "tahanan korupsi". Amran juga tetap akan digelandang ke gedung KPK di Jakarta dengan tangan tetap diborgol.

Hingga Jumat (6/7/2012) siang ini, Amran yang telah tiba di Bandara Mutiara Palu, Sulawesi Tengah, tetap terlihat diborgol tangannya. Amran bak penjahat kelas kakap yang bisa sewaktu-waktu kabur dari penjagaan.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menyatakan setuju jika Amran terus terborgol sampai di Jakarta. Wakil Ketua KPK lainnya, Busyro Muqoddas, mengatakan, merupakan usul yang bagus agar Amran tetap terborgol hingga tiba di gedung KPK nanti malam.

Amran bakal menjadi tahanan pertama di KPK yang mengenakan baju khusus bertuliskan tahanan. Kemungkinan besar, Amran juga akan dipamerkan ke khalayak menggunakan baju tahanan dengan tangan tetap terborgol.

Selama ini, ide mengenakan baju tahanan terhadap tersangka korupsi yang ditangani KPK selalu menjadi wacana dan belum terealisasi. Ide ini awalnya untuk membuat malu para koruptor sekaligus menjerakan mereka. Apalagi, selama ini tahanan tersangka kejahatan jenis lain seperti narkoba ataupun teroris juga diminta mengenakan baju tahanan dan tangan terborgol.


Penulis: Khaerudin
Editor : Marcus Suprihadi