Jumat, 21 November 2014

News / Nasional

Hatta Rajasa Baru Akan Deklarasi 2013

Rabu, 4 Juli 2012 | 15:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa baru akan mendeklarasikan diri sebagai calon presiden di tahun 2013 untuk menghadapi pemilu presiden 2014. Saat ini, PAN masih dalam tahap penguatan infrastruktur partai.

"Tahun 2013, waktu yang tepat untuk deklarasi," kata Sekretaris Jenderal PAN Taufik Kurniawan di Gedung Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (4/7/2012).

Sebelumnya, dukungan bulat dari internal PAN agar Hatta menjadi calon presiden (capres) sudah disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional PAN pada Desember 2011. Namun, hingga saat ini Hatta belum secara terbuka menerima dukungan itu.

Taufik mengatakan, ada pandangan internal bahwa deklarasi akan dilakukan enam bulan sebelum pemilu. Namun, pihaknya masih akan memperhitungkan kembali waktu yang tepat, terutama hasil pemilu legislatif nanti.

Saat ini, kata Taufik, pihaknya tengah fokus pada penguatan internal partai hingga tingkat desa. PAN menargetkan hasil perolehan hasil pemilu legislatif mencapai dua digit.

Terkait langkah Partai Golkar yang telah mendeklarasikan Ketua Umumnya, Aburizal Bakrie alias Ical, sebagai capres, Taufik mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan selamat.

Secara terpisah, politisi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, menilai langkah deklarasi Ical itu tak tepat lantaran pemilu masih sekitar dua tahun lagi. Menurut dia, Ical bakal menjadi sasaran tunggal kampanye negatif dari banyak lawan politik.

"Bisa dibayangkan, kalau pencalonan serempak lima pasang, maka ada lima sasaran tembak. Ini satu doang. Baru hitungan jam deklarasi, busuk-busuknya terbongkar," kata Ruhut mengacu pada penetapan tersangka kader Partai Golkar, Zulkarnaen Djabar, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Heru Margianto