Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Akan Larang Sup Sirip Hiu

Kompas.com - 04/07/2012, 06:04 WIB

HONGKONG, KOMPAS.com — China berencana melarang sup sirip hiu dihidangkan di jamuan makan resmi, seperti dilansir CNN, Selasa (3/7/2012).

Menurut media China, pihak berwenang mengatakan diperlukan waktu hingga tiga tahun sampai pelarangan itu efektif dan akan membantu mengurangi biaya jamuan makan resmi pemerintah.

Langkah itu menyusul proposal yang diajukan pada Kongres Rakyat Nasional pada Maret lalu.

Menurut Bertha Lo dari Hongkong Shark Foundation, langkah itu berpotensi mengurangi jumlah hiu yang dibunuh, mengingat China merupakan konsumen terbesar produk sirip hiu.

"Saya rasa (pelarangan) itu akan berdampak," kata Lo. "Di China, Pemerintah sangat berkuasa. Jika pemerintah menjadi pemimpin dalam isu ini, menurut saya, mengapa yang lain tidak mengikutinya."

Antara 26 juta hingga 73 juta hiu dibunuh setiap tahun, menurut studi akademis 2006 seperti dikutip dari situs web organisasi Lo. Setelah siripnya diambil, sisa badan hiu biasanya dibuang begitu saja.

Sementara itu, World Wildlife Fun mengatakan, saat ini 181 spesies hiu terancam punah, meningkat dari 15 pada 1996.

Sup sirip hiu menjadi salah satu sajian favorit di kalangan masyarakat China di seluruh dunia. Hidangan ini biasa disajikan di pernikahan untuk menandai pentingnya acara itu dan untuk mengesankan para tamu.

Namun, kebiasaan itu menjadi tidak terlalu populer di kalangan generasi muda yang sadar lingkungan, kata Lo.

Tahun lalu, pengelola sebuah jaringan hotel mewah mengatakan akan menghilangkan menu sirip hiu dari menunya. Jaringan Hotel Shangri-La juga melakukan langkah serupa tahun ini.

Di Beijing, hotel bintang lima Swissotel juga tidak lagi menghidangkan sirip hiu, kata China Daily.

Di luar China, legislasi untuk melarang sirip hiu juga sudah mulai diterapkan di lima negara bagian di Amerika Serikat.

Di China, kampanye menentang produk sirip hiu juga mulai mendapat dukungan dan pengikut dari kalangan pesohor. Salah satunya mantan bintang NBA, Yao Ming, yang menyatakan tidak akan makan hidangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com