Sabtu, 20 September 2014

News / Nasional

Gedung Baru KPK

Terkumpul Rp 16 Juta dari Bandung

Minggu, 1 Juli 2012 | 22:00 WIB

Terkait

BANDUNG, KOMPAS.com- Malam penggalangan dana pembangunan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi di Bandung menghasilkan uang yang dikumpulkan secara saweran sebanyak Rp 1,3 juta. Bersama dengan lelang maupun sumbangan lainnya, totalnya mencapai Rp 16 juta lebih.

Demikian hasil malam penggalangan dana yang berlangsung di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Minggu (1/7/2012). Penggalangan dilakukan dengan beberapa cara mulai kotak kencleng, lelang maupun transfer secara langsung.

Hasilnya, dari kotak saweran terdapat uang kertas maupum logam sejumlah Rp 1.356.250, lampu desain Ridwan Kamil terjual Rp 2,5 juta, sementara lukisan karya Tisna Sanjaya terjual Rp 5 juta. Ada pula transfer langsung sebesar Rp 8 juta. Secara keseluruhan, uang yang dihasilkan dari Bandung hingga hari ini sebanyak Rp 16.856.250.

"Masih ada 100 kaus yang disumbang rekan dan komitmen dari 17.000 guru honorer yang akan menyumbang Rp 1.000 per orang," ujar Ridwan Kamil.

Transfer uang langsung diarahkan ke rekening milik ICW sementara uang saweran diserahkan kepada perwakilan ICW, Sely Martini, yang menghadiri acara di Gedung Indonesia Menggugat ini.

Menurut Ridwan, langkah mereka belum akan berhenti. Kelanjutannya tergantung dari pembahasan dari DPR yang rencananya berlangsung Selasa (3/7), apakah keputusannya masih akan mengambangkan dana untuk pembangunan gedung KPK atau sebaliknya.


Penulis: Didit Putra Erlangga Rahardjo
Editor : Marcus Suprihadi