Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Anggota Dewan Tolak Tes Urine

Kompas.com - 29/06/2012, 15:45 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Sedikitnya 20 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka Sulawesi Tenggara menghindari tes urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kolaka. Hal ini dibenarkan oleh Kepala BNN Kabupaten Kolaka Yunus Esa, Jumat (29/6/2012). Menurut Yunus sebelum dilakukan pemeriksaan urine pihak DPRD sendiri menyatakan kesiapan seluruh anggota dewan.

"Kami kan (BNN) sudah menyurati DPRD berkali-kali. Namun baru saat ini menyatakan kesiapan para anggota dewan. Makanya kita datangi kantor DPRD itu. Tapi setelah kita datang hanya 13 orang saja yang lakukan tes urine. Selebihnya anggota kami tidak tahu mereka ke mana," ungkap Yunus.

Yunus juga menambahkan, anggota dewan yang tidak lakukan tes urine akan terus dikejar karena menjadi pertanyaan sendiri mengapa mereka menghindar. "Jangan sampai para anggota dewan kita ini banyak yang konsumsi narkoba, buktinya sebelum lakukan tes urine terlihat ramai. Tapi setelah berlangsung mereka mulai hilang satu persatu. Jadi saya kordinasikan sama satuan Narkoba Polres Kolaka untuk memantau pergerakan anggota dewan yang mencurigakan," tegasnya.

Ironisnya lagi, dua orang anggota dewan bernama Akring Johar dan Suharty Berty secara terang-terangan menolak untuk diperiksa. "Yang jelasnya saya tidak mau diperiksa" ungkapnya sambil berlalu. Sementara Akring Johar menghindari pemeriksaan dengan cara keluar gedung lewat pintu belakang kantor DPRD.

Ketua DPRD Kolaka bernama Parmin Dasir mengungkapkan, pihaknya telah mengimbau kepada mereka yang "lari" agar tidak meninggalkan kantor sebelum tes urine. "Saya juga tidak mengerti kenapa hari ini banyak anggota dewan yang tidak hadir untuk mengikuti tes urine, padahal mereka telah menerima undangan dan mengatakan siap untuk di tes," katanya.

Sementara itu, anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peta Sultra bernama Andi Zainudin mendesak kepada BNN Kolaka agar memperjelas alasan dari tindakan menghindari tes urine yang dilakukan oleh anggota dewan.

"Ini adalah indikasi yang sangat jelas, jangan sampai mereka (anggota dewan) itu memang pengguna narkoba, inilah yang harus dibongkar oleh BNN bersama Polisi. Apalagi rumor yang beredar memang ada beberapa anggota dewan Kolaka yang secara aktif mengonsumsi narkoba jenis sabu," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com