Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Bahas RUU Pencari Suaka

Kompas.com - 28/06/2012, 14:26 WIB

Puluhan orang yang diselamatkan dari sebuah kapal yang tenggelam dibawa ke Pulau Christmas, di tengah perdebatan sengit mengenai pencari suaka di parlemen Australia.

Pada Rabu (27/6/2012), sebuah Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan mengizinkan pencari suaka diproses di lepas pantai lolos di majelis rendah.

Hal itu kini diperdebatkan di majelis tinggi, tapi dinilai tidak akan mendapat cukup suara.

Pejabat Australia mengatakan 130 orang diselamatkan dari kapal tersebut. Ini adalah kapal kedua yang tenggelam di kawasan tersebut dalam satu pekan.

Perdana Menteri Julia Gillard memperingatkan bahwa ini adalah "kesempatan terakhir" bagi parlemen untuk meloloskan RUU sebelum memasuki masa reses.

"Saya siap untuk mengatakan pada setiap senator... bahwa ini adalah hal yang harus mereka lakukan dengan nurani bersih," kata dia pada Radio ABC.

"Saya tidak ingin melihat gadis berusia 13 tahun tenggelam di laut dalam beberapa pekan mendatang antara hari ini dan ketika parlemen kembali bersidang di musim semi. Saya tidak ingin melihatnya," kata dia.

Sedikitnya empat orang tewas ketika kapal tersebut tenggelam di utara Pulau Christmas, yang merupakan bagian wilayah Australia, Rabu.

Otoritas Keamanan Maritim Australia (AMSA) mengatakan 130 orang diselamatkan, satu jenazah dievakuasi dan tiga lainnya diyakini tenggelam bersama kapal.

Sebuah kapal pencari suaka lainnya yang diduga membawa 200 orang penumpang tenggelam di kawasan itu seminggu yang lalu.

Sebanyak 110 orang diselamatkan dan 17 jenazah ditemukan. Pencarian korban dihentikan Sabtu pekan lalu.

Pada Rabu malam, sebuah kapal membawa 100 orang terlihat oleh petugas Perlindungan Bea Cukai dan Perbatasan di lepas pantai Pulau Christmas.

Pulau Christmas terletak di pantai barat laut Australia. Lokasinya lebih dekat ke Indonesia daripada Australia, dan merupakan sasaran para pencari suaka yang berharap dapat menginjakkan kaki di Australia.

Kapal ini kerap kelebihan muatan dan tidak terawat. Sekitar 50 pencari suaka tewas ketika kapal mereka pecah akibat menabrak karang di Pulau Christmas pada Desember 2010.

Proses Bali

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com