Jumat, 18 April 2014

News / Nasional

Diperiksa KPK, Anas Ingatkan Nonton Semifinal Piala Eropa

Rabu, 27 Juni 2012 | 10:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat memasuki Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu (27/6/2012) pagi ini, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum sempat-sempatnya mengingatkan wartawan untuk menonton semifinal Piala Eropa yang akan berlangsung nanti malam.

"Jangan lupa nanti semifinal Piala Eropa," kata Anas di ujung pernyataannya yang disampaikan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta. Nanti malam tim Spanyol dan Portugal akan bertarung memperebutkan tiket menuju final dalam ajang perlombaan sepak bola bergengsi itu.

Anas hari ini diperiksa KPK terkait penyelidikan Proyek Hambalang, Jawa Barat. Terkait pemeriksaannya, Anas mengatakan berterima kasih kepada KPK karena telah memberinya kesempatan untuk mengklarifikasi secara resmi dan formal tuduhan-tuduhan keterlibatan dirinya dalam kasus Hambalang.

Keterlibatan Anas dalam proyek Hambalang pertama kali diungkapkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, dalam sejumlah kesempatan. Nazaruddin mengatakan kalau Anas-lah yang mengatur proyek tersebut. Mantan anggota DPR itu bahkan menyebut hasil korupsi Proyek itu digunakan Anas untuk biaya pemenangannya dalam Kongres Partai Demokrat di Bandung tahun 2010.

Pernyataan Nazaruddin ini dibantah Anas dan pengacaranya, Firwan Wijaya, berkali-kali. "Yakinlah, Rp 1 (serupiah) saja Anas korupsi Hambalang, gantung Anas di Monas (Monumen Nasional di Jakarta)," kata Anas, menolak tudingan terlibat korupsi proyek Hambalang tersebut, dalam suatu kesempatan.

Sejauh ini KPK telah memeriksa 70 orang terkait penyelidikan Hambalang, di antaranya istri Anas, Athiyyah Laila.


Penulis: Icha Rastika
Editor : Heru Margianto