Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinkes Kerahkan 23 Ambulans ke Lokasi Jatuhnya Fokker

Kompas.com - 21/06/2012, 18:49 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kecelakaan pesawat kembali terjadi dan kini menimpa pesawat Fokker-27 yang tengah melakukan latihan rutin. Untuk membantu evakuasi korban, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengirimkan 23 ambulans.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan, ambulans untuk evakuasi ini dikirim dari puskesmas, unit gawat darurat, serta rumah sakit umum daerah (RSUD) di Jakarta.

"Di dalam ambulans juga disiapkan tenaga medis yang mampu membantu evakuasi," kata Dien ketika dihubungi, Kamis (21/6/2012).

Pesawat Fokker-27 ini jatuh di Perumahan Rajawali, Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 14.45. Setelah mendapat kabar tersebut, pihaknya langsung mengerahkan ambulans ke lokasi.

"Begitu ada kabar, kami langsung turunkan ambulans karena memang itu protap (prosedur tetap). Mereka juga sudah mengevakuasi koban ke rumah sakit," tutur Dien.

Ia menambahkan, biaya bagi korban yang tercatat sebagai warga DKI Jakarta akan ditanggung Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Sementara untuk korban dari TNI akan disesuaikan dengan mekanisme yang ada.

Sebelumnya, diketahui sembilan orang meninggal akibat pesawat Fokker-27 yang lepas landas dari Lapangan Udara Halim Perdanakusuma itu jatuh saat latihan rutin. Korban jiwa langsung dilarikan ke RS Polri RS Sukanto.

Selain menyebabkan korban jiwa, peristiwa itu juga menghanguskan delapan rumah di kompleks permukiman yang berada tidak jauh dari Lapangan Udara Halim Perdanakusuma. Sementara itu, kondisi pesawat hancur berantakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com