Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopaska Sergap Kawanan "Perompak"

Kompas.com - 19/06/2012, 16:33 WIB
Herpin Dewanto Putro

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Satuan Komando Pasukan Katak TNI AL (Satkopaska TNI AL) menyergap kawanan "perompak" di Dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur Ujung, Surabaya, Selasa (20/6/2012). Mereka juga membebaskan sandera yang ditawan para perompak.

Adegan itu merupakan simulasi pembebasan sandera yang dilakukan Satkopaska. Demonstrasi itu khusus digelar dan dipertontonkan kepada 815 taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian. Demonstrasi bermula dari datangnya para perompak yang menggunakan senjata api. Kopaska menyerbu dengan menggunakan senjata tempur seperti Sea Rider dan Combat Boat. Tim Kopaska lainnya tiba di lokasi menggunakan helikopter Bell NV-417.

"Atraksi ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut kedatangan para taruna yang mengikuti kegiatan Bhineka Eka Bhakti di Koarmatim," kata Kepala Dinas Penerangan Armada RI Kawasan Timur Letnan Kolonel Yayan Sugiana. Ke-815 taruna itu terdiri 420 taruna Akademi TNI dan 395 taruna Akademi Kepolisian. Selain melihat atraksi tersebut, para taruna juga diajak berlayar menggunakan KRI Dr Soeharso-990. Para taruna juga melihat beberapa persenjataan TNI.

Menurut Yayan, Bhineka Eka Bhakti merupakan kegiatan untuk meningkatkan semangat integrasi para taruna TNI dan polisi. Kegiatan ini dilakukan di lima wilayah, yaitu Yogyakarta, Kartasura, Madiun, Surabaya, dan Malang. Puncak acara diisi dengan pengarahan oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Agung Pramono.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com