Rabu, 1 Oktober 2014

News / Regional

Situasi Kota Sentani Kondusif

Sabtu, 16 Juni 2012 | 11:03 WIB

Terkait

JAYAPURA, KOMPAS.com — Situasi Kota Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Sabtu pagi menjelang pemakaman Wakil Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mako Tabuni masih kondusif.

Kapolres Jayapura AKBP Wantri Julianto, Sabtu (16/6/2012) pagi, mengakui, hingga saat ini situasi di sekitar Kota Sentani masih aman. "Mudah-mudahan situasi tetap kondusif hingga selesainya pemakaman Mako Tabuni yang akan dilaksanakan hari ini di Pos 7 Sentani," harap Kapolres Julianto.

Menurut Julianto, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan maka pihaknya sudah mengerahkan anggota untuk berjaga-jaga di beberapa lokasi.

Saat ini anggota Polri yang dibantu TNI AD berjaga-jaga di beberapa lokasi, tetapi tidak ada yang berjaga di sekitar rumah duka tempat jenazah Mako Tabuni disemayamkan. "Kami lebih memfokuskan mengamankan fasilitas umum hingga masyarakat tetap dapat beraktivitas," kata Kapolres Jayapura.

Sementara itu, walaupun situasi tampak kondusif, aktivitas warga tampak tidak seperti hari-hari biasanya karena mereka lebih memilih berdiam di rumah. Pertokoan pun banyak memilih tutup, kalaupun ada yang buka, hanya pintu masuk.

Mako Tabuni, Kamis (14/6/2012), tewas diterjang timah panas saat hendak ditangkap anggota polisi karena dugaan terkait berbagai kasus di Jayapura dan sekitarnya. Sesaat setelah penangkapan dan tertembaknya Mako Tabuni, sekelompok orang melakukan aksi perusakan dan pembakaran serta menganiaya sejumlah warga di sekitar kawasan Waena, Kodya Jayapura, hingga mengakibatkan empat warga terluka, tiga ruko, dan puluhan kendaraan baik roda dua maupun empat dibakar.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: