Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Parkir Liar, Ribuan Polisi Disebar di Area PRJ

Kompas.com - 14/06/2012, 16:15 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Metro Jaya menurunkan 4.168 aparat kepolisian untuk mengamankan Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2012 yang akan dibuka pada Kamis (14/6/2012) sore ini di Kemayoran, Jakarta Pusat. Polisi akan mengantisipasi persoalan parkir liar dan pencopetan yang kerap terjadi di pesta ulang tahun Jakarta tersebut.

"Polda Metro dan Polres Jakarta Pusat menurunkan personil sebanyak 4.168 anggota untuk pengamanan PRJ dibantu dengan pengamanan setempat," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Kamis siang, di Mapolda Metro Jaya. Unsur-unsur yang diturunkan yakni dari pihak reserse, Samapta, dan juga lalu lintas.

Pihak kepolisian, kata Rikwanto, juga sudah berkoordinasi dengan penyelenggara Jakarta Fair untuk menertibkan beberapa persoalan yang kerap hadir tiap tahunnya. Salah satunya adalah persoalan parkir. "Kami bekerja sama dengan UPT (Unit Pelaksana Teknis) Dishub DKI untuk menertibkan parkir liar. Karena dari informasi yang didapat masyarakat, penentuan tarif lebih dari batas kewajaran kerap terjadi di acara ini," tutur Rikwanto.

Tarif parkir liar yang biasa dilakukan oleh "Pak Ogah" ini dinilai merugikan masyarakat. Misalnya saja, untuk sekali parkir sepeda motor yang parkir bisa dilangsung dimintai Rp 10.000 sementara mobil bisa mencapai Rp 50.000.

"Untuk itu, kami akan tertibkan. Akan kami pasang selebaran atau sticker yang memberitahukan harga tarif parkir resmi. Polisi juga akan ada di areal parkir supaya bisa mencegah muculnya pihak-pihak yang merugikan warga," papar Rikwanto.

Jika parkir penuh, lanjutnya, polisi juga sudah berkoordinasi dengan penyelenggara agar memberikan lahan parkir tambahan yang disediakan petugas resmi. Polisi akan berpatroli hingga areal terluar PRJ.

PRJ 2012 ini digelar dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Ke-485 Kota Jakarta. PRJ dibuka mulai tanggal 14 Juni-15 Juli 2012 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara tahunan kota Jakarta ini setiap harinya akan dilaksanakan mulai pukul 15.00-23.00 WIB pada Senin-Jumat. Di akhir pekan, PRJ dibuka mulai pukul 10.00-23.00 WIB.

Beragam stand penjualan berbagai produk akan menyemarakkan acara ini. Suguhan hiburan seperti konser musik, pentas budaya betawi, dan sarana permainan segala usia juga akan memanjakan para pengunjung di arena PRJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com