Sabtu, 26 Juli 2014

News / Nasional

Siang ini, Presiden Umumkan Pengganti Menteri dan Wamen

Rabu, 13 Juni 2012 | 06:25 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan mengumumkan nama Menteri Kesehatan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kepala Badan Pertanahan Nasional, dan wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/6/2012) pukul 11.00.

Menteri Kesehatan yang sebelumnya dijabat almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih, dikabarkan akan dipercayakan kepada Nafsiah Mboy. Almarhumah Endang meninggal pada 2 Mei 2012.

Sementara itu, posisi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dikabarkan akan dijabat oleh Chatib Bisri. Saat ini, Chatib menjabat sebagai wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional bentukan Presiden. Hingga Selasa (12/6/2012) malam, Chatib tidak dapat dihubungi untuk diminta konfirmasi.

Selanjutnya, Presiden juga akan melantik Kepala Badan Pertanahan Nasional yang diisi oleh Hendarman Supandji, mantan Jaksa Agung. Sebelumnya, BPN dipimpin oleh Joyo Winoto.

Terakhir, pejabat yang akan dilantik adalah Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Rudi Rubiandini yang saat ini menjabat Deputi Pengendalian Operasi BP Migas. Sebelumnya, posisi Wamen ESDM dijabat oleh Widjajono Partowidagdo yang wafat pada 21 April 2012. Rudi membenarkan ia sudah dihubungi Istana untuk menjadi Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Tunggu besok saja pengumumannya. Kan pernah terjadi, ada yang sudah dipanggil ke Istana, akan tetapi batal. Sebaiknya kita tunggu saja pengumuman resminya dari Presiden," kata Rudi saat dikonfirmasi Kompas, Selasa (12/6/2012) malam ini di Jakarta.

Sebelum mengumumkan hal ini, Kepala Negara terlebih dahulu bertemu dengan para sesepuh TNI di Istana Bogor. Seusai pengumuman, Presiden dijadwalkan akan memberikan pidato kebijakan bertema "Hutan di Masa Depan yang Kita Inginkan" pada hari Rabu (13/6/2012) besok, di kantor pusat Center for International Forestry Research (Cifor) Bogor. Pidato itu dalam kaitan menyongsong Konferesni Rio + 20.


Penulis: Hindra Liauw
Editor : Heru Margianto