Jumat, 31 Oktober 2014

News / Nasional

Esok, SBY Umumkan Menteri dan Wamen di Istana Bogor

Selasa, 12 Juni 2012 | 17:30 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan mengumumkan nama menteri kesehatan, wakil menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan kepala Badan Pertanahan Nasional di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/6/2012).

"Ya, besok akan disampaikan Presiden di Istana Bogor," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Kendati pihak Istana Kepresidenan belum merilis informasi resmi, namun sejumlah bocoran nama telah beredar di kalangan wartawan. Menteri Kesehatan, yang sebelumnya dijabat almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih, dikabarkan akan dipercayakan kepada Nafsiah Mboy.

Almarhumah Endang meninggal pada 2 Mei 2012. Saat ini Nafsiah menjabat sebagai Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS (KPA).

Nafsiah yang lahir di Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, 14 Juli 1940, merupakan anak kedua dari enam bersaudara dari pasangan keluarga terpandang di Sengkang, kota yang terkenal dengan sarung sutranya.

Sementara itu, posisi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dikabarkan akan dijabat oleh Chatib Bisri. Saat ini, Chatib menjabat sebagai wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional bentukan Presiden.

Selanjutnya, Presiden juga akan melantik kepala Badan Pertanahan Nasional yang diisi oleh Hendarman Supandji, mantan Jaksa Agung. Sebelumnya, BPN dipimpin oleh Joyo Winoto.

Terakhir, pejabat yang akan dilantik adalah Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Rudi Rubiandini, yang saat ini menjabat Deputi Pengendalian Operasi BP Migas. Sebelumnya, posisi Wamen ESDM dijabat oleh Widjajono Partowidagdo yang wafat pada 21 April 2012.

Sementara itu, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha enggan memberikan keterangan resmi. Julian hanya mengatakan, Presiden akan melantik sejumlah menteri, wakil menteri sebelum Kepala Negara melakukan lawatan ke empat negara di Amerika Latin.


Penulis: Hindra Liauw
Editor : Benny N Joewono