Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Siapkan Modul Pendidikan Anti-Korupsi

Kompas.com - 11/06/2012, 16:08 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pendidikan antikorupsi di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sebentar lagi akan bisa dilaksanakan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sudah merancang modul pendidikan antikorupsi untuk lembaga pendidikan jenjang SD hingga perguruan tinggi.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan KPK Bambang Wijdojanto, usai menghadiri seminar Diskresi dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi di Univesitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Senin (11/6/12).

Menurut Bambang, pendidikan merupakan salah satu fokus KPK dalam pemberantasan korupsi saat ini. "Sebagai langkah awal, KPK telah menyusun modul pendidikan antikorupsi bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Hal itu dilakukan untuk membangun sistem integritas nasional," katanya.

Untuk di tingkat perguruan tinggi, lanjut Bambang, pendidikan antikorupsi diusulkan untuk masuk dalam mata kuliah. Sedangkan di tingkat sekolah, diusulkan masuk ke dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Dengan demikian, diharapkan generasi muda telah dididik untuk tak melaksanakan praktek korupsi jika mereka telah dewasa.

"Sudah ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk memberantas korupsi oleh KPK. Namun harapan kami, tidak hanya KPK yang berjuang memberantas korupsi. Semua pihak dan warga negara harus punya keinginan sama dengan KPK," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com