Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liem Sioe Liong, Pelopor Dunia Usaha yang Hebat

Kompas.com - 10/06/2012, 21:45 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, menilai pengusaha Sudono Salim atau Liem Sioe Liong, adalah seorang pengusaha nasional yang telah berhasil membangun dan mengembangkan bisnis di sejumlah sektor usaha.

"Pak Sudono Salim adalah tokoh dan pelopor dunia usaha Indonesia yang hebat, yang telah dapat membangun empire atau kerajaan bisnis yang begitu dominan dalam berbagai sektor," sebut Suryo kepada Kompas.com, Minggu (10/6/2012) malam.

Suryo menyebutkan, almarhum Sudono atau kerap disebut Om Liem, memang dekat dengan mantan Presiden Soeharto. Ia disebut memiliki hubungan khusus dengan Soeharto. Ia mengatakan, memang banyak orang yang dekat dengan rezim orde baru, tetapi tidak semua memiliki kemampuan membangun bisnis yang besar. Sudono dinilai Suryo telah berhasil menciptakan ratusan ribu lapangan kerja.

"Apapun, kita tidak dapat memungkiri bahwa Indonesia telah kehilangan seorang entrepreneur atau wirausahawan yang hebat yang memiliki visi bisnis yang sampai saat ini mungkin sulit ditandingi. Selamat jalan Pak Sudono Salim," pungkas Suryo.

Pengusaha Sudono Salim alias Liem Sioe Liong meninggal dunia dalam usia 95 tahun di Singapura, Minggu (10/6/2012), pukul 15.50 waktu setempat. Pendiri Salim group tersebut adalah salah satu pengusaha terkemuka di Tanah Air yang pernah masuk dalam daftar orang terkaya.

Sudono Salim dikenal di zaman orde baru. Sudono Salim lahir di China, 16 Juli 1916. Ia menikahi Lie Las Nio (Lilani) dan memiliki empat orang anak masing-masing Albert, Andre Halim, Anthony Salim, dan Mira. Sejumlah usaha berhasil dirintisnya.

Ia merupakan pendiri dan pemilik Central Bank Asia pada tahun 1957 yang kemudian menjadi Bank Central Asia (BCA) pada tahun 1960. Ia juga mendirikan pendiri dan pemilik Grup Salim, PT Bogasari Flour Mill, PT Mega, Bank Windu Kencana, PT Hanurata, PT Indocement, Indofood, dan PT Waringin Kencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com