Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Presiden Buka Pawai Kesenian Bali

Kompas.com - 10/06/2012, 08:59 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu (10/6/2012) malam nanti akan membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34, di Taman Budaya (Art Centre) Denpasar. Saat pembukaan, Presiden membunyikan kentongan lanang-wadon pada malam kesenian serta melepas pawai dengan ditandai alat musik Okokan.

Pada Sabtu kemarin, Jalan Moh Yamin di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali sudah mulai ditutup untuk umum. Di lokasi ini telah dibangun panggung kehormatan untuk Presiden melepas dan menyaksikan rangkaian pawai kesenian.

Tarian Pelangi Nusantara persembahan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menjadi sajian pembuka, setelah Presiden resmi membuka PKB. Ini sesuai dengan tema PKB tahun ini, Paras-Paros: Dinamika dalam Kebersamaan.

Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Bali, I Ketut Teneng, mengatakan, pesta kesenian ini diharapkan bisa membangkitkan rasa kebanggaan masyarakat. "Kami menginginkan masyarakat ikut memeriahkan pembukaan, dengan tetap menjaga ketertiban," katanya.

Pada pawai kesenian, lanjut Teneng, pihaknya meminta perkantoran yang berada di sekitar Monumen Perjuangan Rakyat Bali, pada pukul 14.00 wita membuka halamannya untuk parkir. Ia memperkirakan ribuan warga akan datang menonton pawai.

Pesta kesenian ini digelar selama sebulan dari 10 Juni hingga 9 Juli, dan akan menampilkan puluhan agenda pementasan, baik dari lokal maupu internasional, seperti India, Malaysia, Amerika Serikat.

Sebanyak 5.000 seniman se-Bali mendukung pementasa selama sebulan. Sejumlah masyarakat antusias menunggu hadirnya PKB ini. Pesta ini bisa menjadi hiburan karena bertepatan dengan liburan sekolah.

Namun, masyarakat berharap pemerintah memperhatikan kenyamanan pengunjung. "Kami ingin tak seperti pasar malam, areal parkir bisa nyaman dan luas, apalagi jika bersama anak-anak keamanan sangat penting ," ujar Kadek Madika, warga Bali.

Selama PKB, pemerintah provinsi memberikan pelayanan dua bus gratis dari dua lokasi di Sanur dan GOR Lila Bhuana menuju lokasi PKB di Art Center. Selain meresmikan PKB, Presiden juga bersamaan membuka World Hindhu Summit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com