Senin, 21 April 2014

News / Nasional

Dipersepsikan Terkorup, DPR Bunuh Harapan Rakyat

Sabtu, 9 Juni 2012 | 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Citra DPR sebagai lembaga terkorup, sebagaimana hasil survei yang dilakukan Soegeng Sarjadi Syndicate terhadap oleh 2.192 responden yang tersebar di 33 provinsi baru-baru ini, membuat masyarakat kecewa.

DPR, sebagai lembaga yang mewakili rakyat Indonesia, telah membunuh harapan bangsa yang mengharapkan adanya perbaikan di negeri ini. "Masyarakat sesungguhnya telah kehilangan harapan," kata pengamat parlemen Sebastian Salang pada diskusi politik di Jakarta, Sabtu (9/6/2012).

Hasil survei persepsi Soegeng Sarjadi Syndicate menunjukkan, 47 persen dari responden atau sekitar 1.030 orang memersepsikan DPR sebagai lembaga terkorup.

Survei ini digelar pada 14-24 Mei 2012. Hasil survei persepsi dikatakan menunjukkan bahwa masyarakat selama ini menaruh perhatian yang besar terhadap DPR.

Menurut Sebastian, praktik korupsi yang dilakukan sejumlah anggota DPR tak bisa dilepaskan dengan persoalan pendanaan partai politik. Anggota DPR dituntut dapat membantu biaya operasional parpol yang tak kecil.

"Persoalan sistematis pendanaan parpol ini harus segera dituntaskan," kata Sebastian.


Penulis: Hindra Liauw
Editor : Kistyarini