Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penanganan Terorisme Harus dari Akar Masalahnya

Kompas.com - 07/06/2012, 21:29 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

ISTANBUL, KOMPAS.com — Penanganan masalah terorisme berikut ancamannya harus dimulai dari bagaimana mengatasi akar persoalan penyebab sekaligus juga menghilangkan berbagai kondisi kondusif pemicu terorisme.

Penekanan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Kamis (7/6/2012), saat berbicara pada pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri Global Counterterrorism Forum (GCTF) Second Coordinating Committee di Istanbul, Turki. Acara itu juga dihadiri Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton.

"Salah satu cara adalah melalui upaya global mengatasi kemiskinan, persoalan sosial, dan ketidakadilan di tingkat global. Memenangkan hati dan pemikiran adalah upaya paling cerdas dalam mengatasi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme," tutur Marty.

Forum itu direncanakan menghasilkan beberapa komitmen, termasuk rencana pendirian Akademi Pelatihan Keamanan Sipil dan Keadilan (JACSTA), yang nantinya memfokuskan diri pada kegiatan pembangunan kapasitas, pelatihan, dan kegiatan implementasi lainnya.

Dalam forum GCTF, Indonesia bersama Australia menduduki posisi ketua bersama di kelompok kerja Asia Tenggara. Indonesia dinilai punya kemampuan memimpin dan berpengalaman dalam upaya menanggulangi terorisme di kawasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com