Senin, 20 Oktober 2014

News / Megapolitan

Jakarta 1

Faisal Bayar Pajak Lebih Besar dari Presiden SBY?

Kamis, 7 Juni 2012 | 18:50 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta jalur independen, Faisal Basri Batubara mengklaim, pajak yang dibayarkannya ke negara lebih besar dari pajak yang dibayarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Terakhir saya bayar pajak tahun lalu Rp 314 juta. Jauh lebih besar dari Pak SBY bayar pajaknya," ujarnya kepada wartawan usai menerima tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kediamannya, Jl Ciasem 4, nomor 22, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2012).

Pernyataan tersebut dianggap kebenaran, karena dalam perbincangannya dengan tim penyidik KPK sebelumnya, diterangkan bahwa nominal pajak yang dibayarkan SBY berjumlah Rp 127 juta, sedangkan Faisal membayar pajak sebesar Rp 250 juta. Namun data tersebut diambil pada periode 2007-2008.

Sementara, terkait dengan kekayaan pada calon gubernur Jakarta, Faisal mengimbau KPU Provinsi DKI Jakarta agar tidak hanya memeriksa harta kekayaan, namun juga mengumumkan jumlah pajak yang dibayar oleh mereka. Hal tersebut dikatakan, merupakan indikator dari kepatuhan warga terhadap negaranya.

"Nanti disandingkan dengan kekayaan, itu lebih asyik. Jadi memberikan sesuatu kepada negara, ya ini hanya imbauan, dilakukan syukur, nggak ya udah," lanjutnya.

Dari hasil verifikasi, KPK mengumumkan harta kekayaan calon gubernur DKI Jakarta jalur independen, Faisal Basri Batubara sebesar Rp 4,2 Miliar. Nominal tersebut naik dari tanggal 12 Maret 2012 lalu saat pendaftaran pencalonan menjadi gubernur sebesar Rp 3,6 Miliar.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo