Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Datangi Kantor DPRD Ogan Ilir

Kompas.com - 07/06/2012, 13:00 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Sekitar 3.000 warga pedesaan sekitar PTPN VII Cinta Manis Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (7/6/2012) ini mendatangi Kantor DPRD setempat, untuk menuntut pengembalian lahan. Konflik lahan ini telah berlangsung setidaknya tiga pekan terakhir.

Tuntutan lahan diajukan setidaknya oleh warga dari 15 desa. Luas lahan yang diminta diperkirakan mencapai luas seluruh lahan PTPN VII Cinta Manis sekitar 20.000 hektar.

"Kami ingin usir PTPN VII yang sudah mencuri lahan kami selama 30 tahun," kata salah satu koordinator aksi Fauzi.

Hari ini merupakan akhir tenggat yang disepakati warga, untuk memberi kesempatan DPRD, Pemerintah Kabupaten OI, dan pihak PTPN VII Cinta Manis, memberi solusi. Mereka mengancam akan tetap patok perkebunan tebu PTPN VII Cinta Manis, jika solusi tak memuaskan.

Warga merangsek masuk sambil menyerukan yel-yel "PTP Maling". Di depan, sejumlah aktivis dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumsel tampak memimpin masuknya massa sambil menyerukan "land reform". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com