Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Faisal dan Biem Gunakan Dana "Saweran"

Kompas.com - 06/06/2012, 11:40 WIB
Antony Lee

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Faisal Basri dan Biem Benjamin, diakui oleh tim sukses memiliki keterbatasan dana. Namun, hal itu disiasati dengan "saweran" dari berbagai kalangan.

"Kalau kami buat becandaan, Faisal-Biem itu gubernur 'saweran'," tutur Tosca Santoso, Manajer Kampanye Faisal-Basri dalam dialog dengan Redaksi Kompas, Rabu (6/6). Faisal Basri dan tim sukses ditemui Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama. Menurut Tosca, "saweran" yang dimaksud berasal dari masyarakat. Dalam salah satu malam penggalangan dana, terkumpul Rp 1 miliar.

Namun, dengan maju sebagai calon independen, Tosca mengaku bahwa Faisal-Biem tanpa "bandar" sehingga tidak terjerat dengan politik transaksional. "Pada 23 Juni nanti kami akan pameran seni dan lelang. Beberapa seniman menyumbang karya seninya," tutur Tosca.

Dari hasil analisis ekonomi Lin Che Wei, kata Tosca, maju dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta perlu dana Rp 100 miliar-Rp 200 miliar. Namun, dengan 10 persen dari dana itu saja, kata Tosca, tim sudah bisa bergerak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com